Langsung ke konten utama

Menjadi Auditor

Setelah menempuh pendidikan di jenjang universitas gue dikasih kesempatan sama Allah untuk bekerja di salah satu KAP di Jakarta sebagai auditor. Selama hidup gue gak pernah membayangkan untuk menjadi auditor, dan bahkan gue banyak melamar pekerjaan sebagai finance/accounting. Karena gue udah menaruh lamaran pekerjaan ke banyak perusahaan dan sampai saat itu gak ada juga yang manggil gue untuk interview alesannya so pasti karena harus punya pengalaman dulu at least 1 year L Akhirnya tibalah satu masa dimana gue nyoba – nyoba ngelamar di KAP dimana temen gue juga ada yang kerja di situ. Gue bener – bener cuma iseng daftar di sini dan gak taunya gue dapat panggilan untuk tes tulis dulu (tahap 1). Setelah melalui tes tulis gue merasa masih biasa aja gak yakin bakal lolos, secara yang ikut tes di hari itu lumayan banyak dan rata – rata temen gue yang pada asdos di kampus juga tes disitu, jadi ya sudahlah (dalam hati) J Tapi ehh tapiii rejeki gak kemana emang, dari sebanyak itu yang lulus tes tulis cuma 2 orang yaitu gue dan temen gue yang asdos juga (lagi – lagi asdos) -_- Akhirnya masuklah kita ke tahap 2 dan 3 di mana wawancara dengan user dan partner. Setelah melewati banyak tahap itu, akhirnya gue di terima kerja disitu sebagai auditor.

Kesan gue pertama kali saat kerja di KAP adalah “capek” L sumpah capek banget. Gue pernah melewati beberapa kerja magang yang sibuk juga tapi gak secapek kerja di KAP. Hari pertama gue kerja di KAP, gue di suruh lembur sampai jam 11 malam (dan ternyata makin kesana makin pagi pulangnya) dan gue sebagai anak baru masuk bener – bener gak ngerti samasekali dengan kerjaan yang baru ini. Awalnya pas masuk gue di suruh accounting service dulu, ngurusin inventory gitu yang totally gue gak ngerti. Gue coba untuk menguatkan diri sendiri selama seminggu pertama, dan gue ngerasa pengen nyerah aja. Kayak pengen bilang “udah deh, kalau begini terus gue sebulan juga resign. Bodo amat sama kontrak kerja, denda juga gpp. Gue mau keluar! (dalam hati)”. Dan akhirnya Allah dengerin do’a gue dong. Tepat seminggu gue kerja disitu, akhirnya gue di tarik lagi ke posisi awal gue untuk melakukan audit (secara kan lamar kerjaannya jadi auditor bukan accounting service). Gue seneng banget asli (walaupun itu juga first time gue ngaudit). Menurut gue audit itu lebih bisa cepet gue pahami daripada accounting service. Gue coba untuk belajar baik – baik dari pengalaman audit yang lagi gue kerjain itu berharap gue bisa bekerja dengan baik. Secara, gue melihat senior – senior gue yang lain kerjanya pada gercep banget. Selama gue dapet tugas audit untuk pertama kali, gue bener – bener buta. Gak bisa keseringan nanya rekan kerja juga karena mereka sama sibuknya (maklum peak season).

Gue sempet nangis di kantor klien waktu jam makan malam, ketika semua orang sedang pergi keluar untuk makan. Gue ngerasa jadi auditor atau accounting service bukan passion gue. Gue bener – bener gak ngerti sama materi kerjaan gue. Semuanya akuntansi. Gue emang kuliah akuntansi, tapi praktiknya membuat gue kaget gak semudah teorinya (maklum fresh graduate). Sampai akhirnya gue telpon temen gue dan nangis sejadi – jadinya. Gue cerita kesulitan gue selama kerja. Tapi, itulah gunanya sharing. Dia menyadarkan gue kalau gue terlalu cepet nyerah, padahal ada banyak orang diluar sana yang pengen ada di posisi gue kayak sekarang. Gue tiba – tiba jadi inget orang tua yang udah capek – capek nguliahin gue, jadi inget perjuangan lulus jadi sarjana, susahnya nyari kerja sebagai fresh graduate, dan masa iya gue mau nyerah secepat itu? Akhirnya gue mulai terbiasa dengan kerjaan gue sebagai auditor dimana setiap hari selama peak season pulang pagi, ngadepin klien yang maunya ini itu (susah diatur). Gak kerasa badai itu gue lewatin selama sebulan. Setelah sebulan gue ngerasa udah bisa bersosialisasi dengan baik. Ditambah ngeliat gapok beserta uang lemburan dan OPE kayak kebayar tuntas gitu J

Untuk lingkungan kantor sendiri, gue sangat bersyukur karena di kantor isinya anak muda semua, karena kalau kerja sama orang tua kan suka banyak baperannya (pengalaman). Selain itu, semua senior nya juga baik – baik banget, masih mau meyempatkan ngajarin anak – anak barunya juga ditengah kesibukan mereka dan disini juga kebersamaannya erat banget lah. Walau pun cacatnya adalah, bos gue super duper bossy dan galak banget, tapi anggep aja dia angin topan yang cuma sekali lewat haha…

Intinya untuk kalian lulusan akuntansi yang masih fresh graduate dan suka tantangan, gue sangat menyarankan kalian untuk mencoba bekerja sebagai auditor di KAP (dan pastiin KAP nya udah beregister ya). Disini, kalian bisa dapet ilmu dan tau praktek akuntansi, audit yang kalian terima selama kuliah. Kalian juga bisa melatih mental kalian untuk tau apakah kalian kuat untuk berada di bawah tekanan disaat titik terendah sekalipun. Dan untuk kalian yang udah bekerja juga, jangan mudah menyerah seperti gue di awal ya. Usahakan untuk selalu punya pemikiran positif, dan jangan lupa untuk ketemu orang – orang yang positif juga. Salam sukses!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Baru

Waktu tak terasa berjalan begitu cepat. Baru kemarin rasanya saya mengisi KRS dan sekarang baru saja menyelesaikan uas semester 2 dan siap memasuki semester 3. Selama liburan ini saya mencoba untuk mengisi waktu luang saya agar lebih bermanfaat dan harus diisi dengan pengalaman baru yang belum pernah saya dapatkan dalam dunia kampus. Awalnya saya hanya iseng berfikir untuk mencari pekerjaan saat liburan kuliah nanti, dan ternyata Allah memberikan saya jalan  dan sensai lainnya agar saya bisa mendapatkan pengalaman lebih banyak lagi. Saat itu saya masih ada kelas di kampus untuk mata kuliah pengganti, lalu kemudian saya di telfon oleh ayah saya dan beliau berkata bahwa saya mendapatkan tempat magang di kantornya. Jujur saya merasa bahagia mendengar kabar tersebut namun ada rasa yang berbeda juga yang saya dapatkan yaitu rasa " was-was" akan menghadapi satu situasi baru yang akan berbeda dengan dunia kuliah. Oh iya waktu itu saya di terima magangnya di SETJEN DPR RI bagian Kas

Sejauh mana saya harus bekerja keras?

Diantara semua nikmat Allah yang sudah di berikan kepada saya salah satunya adalah diberikan pekerjaan. Pekerjaan bukan hanya sekedar sumber untuk mencari rupiah bagi saya, namun juga sumber penempa kehidupan kita ke depan. Dalam bekerja kadang kita mulai menyadari bahwa kita masih butuh untuk belajar terus menerus, karena dunia dinamis, sudah sepantasnya memang manusia mengikutinya untuk senantiasa belajar hingga akhir hayatnya. Namun, sebagai manusia terkadang kita merasa jenuh dan lelah menghadapi setiap proses dan realita kehidupan yang ada hingga pada akhirnya tidak banyak dari kita yang ingin merasa menyerah. Melepaskan masa muda untuk berjuang dan bekerja keras bukanlah sesuatu yang mudah. Di saat semua anak seusia saya menikmati masa mudanya dengan sangat baik dan nyaman, saya harus menjadi “little fighter” versi saya. Tidak sedikit orang yang yang secara sepintas mengenal saya mengatakan bahwa hidup saya enak dan mulus – mulus saja tanpa tau ada berapa banyak air mata