Langsung ke konten utama

Balada Skripsi

Longggg time no post! And now I am writing some story here again. 

Selama setahun ini gue disibukkan dengan urusan kuliah, di tambah lagi gue harus berkutat dengan skripsi selama satu semester. Hmmm, gue cerita masa skripsi gue dulu deh :) Skripsi itu sebenernya gak susah - susah banget asli (belagu, ya kan lu ambil judul pasti sesuai kemampuan lu (masa susah)?), tapi tantangan terbesar dalam menyelesaikan skripsi adalah rasa malas. Malasnya itu lohhhhh ya ampunnn, nyentuh untuk buka laptop aja malesnya kayak apa kali. Tapi selama skripsi gue pastiin lu bakal berjuang sejuang - juangnya kayak lu lagi tempur di medan perang. Menurut gue skripsi lebih mengajarkan kita tentang apa itu arti "kuat mental". Gak jarang banyak orang yang ngerasa putus asa ditengah jalan padahal  udah ngerjain skripsi setengah jalan. Kenapa? karena mereka gak kuat akan tekanan. Tekanan untuk menyelesaikan skripsi tepat waktu dengan segala macam tuntutan yang ada di dalamnya. Gue sangat bersyukur karena selama gue skripsi gue mendapatkan dosen pembimbing yang sangat kooperatif, mau memahami apa yang gue maksud. Tapi, temen gue gak begitu. Banyak juga yang ruwet. Balada nangis, teriak - teriak, diancam failed sampe ketawa g jelas adalah hal biasa yang gue temui selama skripsi, itu semua dimulai dari dospem yang riweuh, data yang tidak normal, sampaiiiiii dosen penguji yang killer. Gak jarang kita di tuntut untuk ganti judul padahal kita udah nyusun skripsi rapi dengan judul tersebut -_- Tapi semua itu pada intinya mengajarkan kita tentang satu hal, bahwa mendidik mental untuk menjadi kuat itu penting. Bagi sebagian besar mahasiswa, skripsi adalah waktu dimana kita harus melatih mental lebih kuat dari biasanya selama kita mengikuti jenjang pendidikan. 

Sebentar, walaupun gue dapet dosen pembimbing yang enak bukan berarti skripsi gue mulus lancar kayak muka artis Korea. Gue juga sempet ganti judul salah satu "X" gue karena dosen penguji gue yang minta, data gue sempet gak normal, dan draft skripsi gue pernah acak - acakan lagi gara - gara kecerobohan gue. Tapi, itu semua terbayarkan ketika kita lulus sidang akhir. Rasanya rasa ngantuk gue selama satu semester, beban mental gue selama satu semester dan tanggung jawab pendidikan gue sama ortu terbayar seketika setelah ngedenger dosen penguji menyatakan kita lulus. Dunia kayak di guyur air hujan setelah kering kerontang bertahun - tahun lamanya kali. Kalau lu tanya gue apa rasanya skripsi? hal pertama yang akan gue jawab adalah ngantuk :') karena selama skripsi gue selalu mengerjakan skripsi tengah malem biar bisa fokus. Sedangkan gue paginya ada mata kuliah lain (ya, karena gue ambil skripsi di semester 7 mau gak mau gue masih harus nanggung beban 3 matkul). Hal kedua yang bakal gue jawab adalah "capek hati", berasa ada beban berat yang selalu ngeganjel hati lu karena kita gak tau apakah bakal menang di akhir atau nggak. Sama satu lagi lu harus nikmatin yang namanya "finding dosen" xD it was trully such a roller coaster moment :') Dan jangan heran ketika lagi skripsi banyak orang yang mendadak alim xD no, no ,no it's good things, indeed :)

Intinya untuk temen - temen semua yang lagi atau mau ambil skripsi, percaya aja, jalanin aja, kalau semua akan indah pada waktunya. Tips biar gak cepet gampang nyerah versi gue adalah sering - sering inget orang tua di rumah. Kita masih punya kewajiban dan tanggung jawab sama mereka untuk menyelesaikan study dengan baik. Jangan lupa untuk tetap berdoa'a guys. We are smart enough than we thinked! jadi gak ada alasan untuk bilang gak mampu jalanin skripsi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjadi Auditor

Setelah menempuh pendidikan di jenjang universitas gue dikasih kesempatan sama Allah untuk bekerja di salah satu KAP di Jakarta sebagai auditor. Selama hidup gue gak pernah membayangkan untuk menjadi auditor, dan bahkan gue banyak melamar pekerjaan sebagai finance/accounting. Karena gue udah menaruh lamaran pekerjaan ke banyak perusahaan dan sampai saat itu gak ada juga yang manggil gue untuk interview alesannya so pasti karena harus punya pengalaman dulu at least 1 year L Akhirnya tibalah satu masa dimana gue nyoba – nyoba ngelamar di KAP dimana temen gue juga ada yang kerja di situ. Gue bener – bener cuma iseng daftar di sini dan gak taunya gue dapat panggilan untuk tes tulis dulu (tahap 1). Setelah melalui tes tulis gue merasa masih biasa aja gak yakin bakal lolos, secara yang ikut tes di hari itu lumayan banyak dan rata – rata temen gue yang pada asdos di kampus juga tes disitu, jadi ya sudahlah (dalam hati) J Tapi ehh tapiii rejeki gak kemana emang, dari sebanyak itu yang lul

Pengalaman Baru

Waktu tak terasa berjalan begitu cepat. Baru kemarin rasanya saya mengisi KRS dan sekarang baru saja menyelesaikan uas semester 2 dan siap memasuki semester 3. Selama liburan ini saya mencoba untuk mengisi waktu luang saya agar lebih bermanfaat dan harus diisi dengan pengalaman baru yang belum pernah saya dapatkan dalam dunia kampus. Awalnya saya hanya iseng berfikir untuk mencari pekerjaan saat liburan kuliah nanti, dan ternyata Allah memberikan saya jalan  dan sensai lainnya agar saya bisa mendapatkan pengalaman lebih banyak lagi. Saat itu saya masih ada kelas di kampus untuk mata kuliah pengganti, lalu kemudian saya di telfon oleh ayah saya dan beliau berkata bahwa saya mendapatkan tempat magang di kantornya. Jujur saya merasa bahagia mendengar kabar tersebut namun ada rasa yang berbeda juga yang saya dapatkan yaitu rasa " was-was" akan menghadapi satu situasi baru yang akan berbeda dengan dunia kuliah. Oh iya waktu itu saya di terima magangnya di SETJEN DPR RI bagian Kas

Yang tiba - tiba terlintas

Ketika kita belum siap menjadi dewasa, tapi menjadi dewasa adalah sebuah tuntutan, dari situ kita banyak belajar. Belajar untuk mengerti makna kebersamaan dalam keterpisahan, meniti jalan hidup masing - masing. Semoga semua penitian jalan masing - masing itu, kelak akan bermuara di satu tempat yang sama bernama "Surga".                                                                                                                            Balaraja, 22 Juni 2018                                                                                                                                                                                                                                      Zombie after 4 years ago -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Untuk setiap keputusan apapun yang telah kau pilih, maka jalani lah. Hidup bukan hanya tentang memilih berbagai pilihan, namun j