Langsung ke konten utama

Esensi Agama

Oh gw baru sadar ternyata udh lama gak nge post. Hari ini gw mau ngebahas tentang esensi beragama aja kali ya krn buat gw ini penting bngt mengingat akhir akhir ini pemberitaan di media agak panas krn banyak bersinggungan dengan isu agama. So, lets we talk about it.

Apa sih esensi beragama menurut kalian semua? Kalau versi gw esensi beragama itu adalah hubungan 90 derajat? Kenapa? Krn intinya dasar beragama itu merupakan hubungan vertikal (kita dengan Allah) dan horizontal (dgn sesama manusia). Hal ini yg bakal menjadikan kita memahami batasan apa aja yg agama kasih ke kita utk boleh atau nggaknya kita lakuin dlm lingkup 90 derajat tadi.

Dilihat dari sisi habluminnanas, dulu gw adalah orang yang hobby banget mengkritik sesama krn kesalahan kesalahan yg dia buat (misalnya marahin orang) sampe sampe suka empet gedeg dan emosi sendiri ngeliatnya yg padahal setelah gw pikir lagi itu bisa aja membuat gw berdosa krn gw termasuk org yg emosian atau kadang gw masih suka ghibahin orang dengan sengaja atau pun nggak, pokoknya kalau inget hal itu sekarang jadi ngerasa kudu banyak banyak instighfar aja 😢 so, semakin kesini gw semakin mikir terutama dari sisi agama, dan merenungi kata kata temen gw yg bilang "tugas kita di dunia ini tuh sebenernya sebentar cuma smp mati aja kan? kalau matinya besok, berarti tugas kita jg cm smp besok." Nah dari situ gw jd mikir iya ya, sebagai manusia yg beragama harusnya gw sadar kalau tugas kita itu berbuat baik kpd sesama dan sm seluruh ciptaan Allah yg lain sebaik baik yg kita bisa dan kalau ada org yg gak suka sama gw atau ngebenci gw, gw gak perlu jg utk bales ngebenci dia. Emang sih hal ini kedengerannya ngoyo banget tapi itu semua karena kita gak pernah punya niat yang kuat utk ngelakuin itu. Dengan menyadari habluminnanas yg di atur oleh agama gw belajar banyak utk bisa selalu menghormati hak hak orang lain, gak kepo sama sesuatu yg emang bukan kapasitas gw utk menanyakan itu (kecuali dia cerita sendiri 😅) krn takut malah jd ghibah jg lanjutannya ngomongin keburukan orang, dan yang pasti harus lebih bijak dlm berkata dan bertindak krn pada kenyataan banyak juga orang yg pendidikannya tinggi tapi tdk bijak dlm berkata dan bertindak (coba liat acara debat2 di tv, gw rasa lebih banyak g berfaedahnya krn orang cm pengen keliatan adu pinter tp giliran di suruh action banyak alesan 😑) dan yg pasti adalah berusaha semampu gw untuk membantu saudara saudara gw yg lagi kesulitan.
Oh iya memfilter berita alias thabayyun juga masuk salah satu cara utk menjaga habluminnanas loh ya. Jgn sampai informasi yang kita terima langsung di telen bulet2 tanpa kroscek sana sini sampe sampe bisa jadi pemecah persaudaraan. Kalau sampai itu berita gak bener namanya kan fitnah coy, dan fitnah lebih kejam dr pembunuhan 😦 Dan dari sisi ini ada 1 lagi pesan dari gw, please jgn suka ikut campur masalah agama org lain, misal : lo ngejudge dia krn agamanya, atau maksain org lain utk ikut agama kita. Please yaa, hidayah itu bukan lo yg ngasih jd percuma juga lo maksa maksa orang ikut agama lo kalau Allah blm ngasih hidayah itu ke orangnya langsung. Inget, islam selalu mengajarkan utk menghormati dan menghargai hak hak orang lain dlm koridor agama termasuk menghargai keyakinan orang lain. 

Dan kalau dilihat dari sisi habluminallah, dulu gw adalah orang yg sholat sih sholat, puasa ya puasa, ngaji mah ngaji. Tapi dulu gw itu mikirnya krn semua itu kewajiban, tapi sekarang setelah menyadari esensinya beragama gw ingin merefleksikan kewajiban itu sebagai sebuah penyerahan diri sekaligus rasa syukur dan terimakasih gw sm Allah yg udh ngasih begitu banyak karunia, rahmat, hidayah yg kadang g pernah gw sadari. Dan dengan ngelakuin ini insyaAllah menjalankan ibadahnya lebih khusyu dan lebih bersemangat lagi 😊

Pada intinya gw cuma mau bilang coba deh di renungin lagi apa itu esensi/hakikat/dasar dari agama itu sendiri, pasti lo bakal amaze pas lo sadar kalau itu ternyata luar biasa banget udah Allah atur. Semangat untuk memperbaiki diri bersama sama 😊


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjadi Auditor

Setelah menempuh pendidikan di jenjang universitas gue dikasih kesempatan sama Allah untuk bekerja di salah satu KAP di Jakarta sebagai auditor. Selama hidup gue gak pernah membayangkan untuk menjadi auditor, dan bahkan gue banyak melamar pekerjaan sebagai finance/accounting. Karena gue udah menaruh lamaran pekerjaan ke banyak perusahaan dan sampai saat itu gak ada juga yang manggil gue untuk interview alesannya so pasti karena harus punya pengalaman dulu at least 1 year L Akhirnya tibalah satu masa dimana gue nyoba – nyoba ngelamar di KAP dimana temen gue juga ada yang kerja di situ. Gue bener – bener cuma iseng daftar di sini dan gak taunya gue dapat panggilan untuk tes tulis dulu (tahap 1). Setelah melalui tes tulis gue merasa masih biasa aja gak yakin bakal lolos, secara yang ikut tes di hari itu lumayan banyak dan rata – rata temen gue yang pada asdos di kampus juga tes disitu, jadi ya sudahlah (dalam hati) J Tapi ehh tapiii rejeki gak kemana emang, dari sebanyak itu yang lul

Pengalaman Baru

Waktu tak terasa berjalan begitu cepat. Baru kemarin rasanya saya mengisi KRS dan sekarang baru saja menyelesaikan uas semester 2 dan siap memasuki semester 3. Selama liburan ini saya mencoba untuk mengisi waktu luang saya agar lebih bermanfaat dan harus diisi dengan pengalaman baru yang belum pernah saya dapatkan dalam dunia kampus. Awalnya saya hanya iseng berfikir untuk mencari pekerjaan saat liburan kuliah nanti, dan ternyata Allah memberikan saya jalan  dan sensai lainnya agar saya bisa mendapatkan pengalaman lebih banyak lagi. Saat itu saya masih ada kelas di kampus untuk mata kuliah pengganti, lalu kemudian saya di telfon oleh ayah saya dan beliau berkata bahwa saya mendapatkan tempat magang di kantornya. Jujur saya merasa bahagia mendengar kabar tersebut namun ada rasa yang berbeda juga yang saya dapatkan yaitu rasa " was-was" akan menghadapi satu situasi baru yang akan berbeda dengan dunia kuliah. Oh iya waktu itu saya di terima magangnya di SETJEN DPR RI bagian Kas

Yang tiba - tiba terlintas

Ketika kita belum siap menjadi dewasa, tapi menjadi dewasa adalah sebuah tuntutan, dari situ kita banyak belajar. Belajar untuk mengerti makna kebersamaan dalam keterpisahan, meniti jalan hidup masing - masing. Semoga semua penitian jalan masing - masing itu, kelak akan bermuara di satu tempat yang sama bernama "Surga".                                                                                                                            Balaraja, 22 Juni 2018                                                                                                                                                                                                                                      Zombie after 4 years ago -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Untuk setiap keputusan apapun yang telah kau pilih, maka jalani lah. Hidup bukan hanya tentang memilih berbagai pilihan, namun j